Senin, 24 Oktober 2011

TUGAS 1 SISTEM INFORMASI MANAGEMEN

PERSAINGAN DUNIA BISNIS/USAHA
Persaingan dalam dunia bisnis sudah pasti sering terjadi seiring dengan perkembangan zaman maka  persaingan bisnis tidak dapat terhindarkan jika persaingan bisnis sekarang menuntut para pengusaha untuk memberikan  produk/jasa yang bermutu,tepat waktu,layanan cepat serta harga yang ekonomis dan memuaskan, bagi konsumen  itu merupakan hal yang penting. Jika tidak melakukan sebuah perubahan pada sebuah bisnis maka kemungkinan daya saing sebuah bisnis akan menurun lalu akan ditinggalkan oleh para konsumen/ langganannya.

Kecepatan perubahan di luar harus diimbangi dengan kesiapan manusia, sistem, manajemen, kepemimpinan serta informasi yang tepat dan cepat .Bisnis tidak dapat hanya mengandalkan lobi atau hoky tanpa didukung keandalan produk dan atau jasa dibandingkan pesaing. yang harus disadari adalah 'perubahan internal' perusahaan untuk mengimbangi dan mengatasi persaingan dan tuntutan pasar yang berubah dengan cepat di beberapa sektor bisnis. Perubahan dalam iklim persaingan dengan makin tanpa batasnya antar negara karena dipakainya teknologi telekomunikasi dan informasi makin menjadikan persaingan turbulen. Peta persaingan tentunya pola pikir dari setiap karyawan dan manajemen termasuk pemilik harus selaras dengan kebutuhan perubahan perusahaan karena faktor eksternal. Tiap perusahaan berkepentingan memetakan peta persaingan dan perubahan dalam persaingan yang dimilikinya . Untuk mengingatkan perlunya kesadaran mendalam dan menyeluruh dimulai dari pemilik atau manajemen puncak.

Contoh persaingan dunia usaha/bisnis yang semakin ketat adalah khusus nya pada produk kartu selular yang mengharuskan para produsen yang berada dalam satu bidang yang sama untuk saling merebut menarik perhatian para konsumen demi mempertahankan produk nya.

Dengan ada nya situasi ini produsen menghadapi tantangan yang semakin berat, tantangan tersebut adalah bagaimana memperkenalkan suatu produk atau jasa, mempertahankan usaha serta mengembangkan agar menjadi lebih besar dan kemudian dipuncak, dalam kondisi persaingan usaha perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dalam menetapkan strategi pemasaran sehingga dapat menarik konsumen.

Dalam masalah persaingan, perlu juga diperhatikan adanya sumber sumber penting yang dimiliki / dimanfaatkan oleh pihak pesaing. Sumber sumber penting ini antara lain berupa : 1.Manajemen, 2.Inovasi, 3. Keuangan, 4.Production, 5.Marketing. Satu hal yang sering diabaikan adalah : kebanyakan manajer menghentikan evaluasinya terlalu cepat. Mereka ini menganalisi satu, dua bahkan tiga pesaing sekaligus, tetapi tak pernah mencari kolerasi diantara para pesaing tersebut. Padahal analisis persaingan yang lengkap, dapat memberikan bantuan besar bagi penentuan strategi yang tepat.

Dalam persaingan dunia usaha/bisnis pada dasar nya harus mampu membuat suatu perubahan dan memberikan ide-ide kreatif pada setiap produk/jasa yang dibuat oleh para produsen agar dapat tetap berada pada posisi puncak dalam usaha nya serta managemen yang terkait mampu memberikan gagasan,strategi-strategi yang unggul jika semua sudah menjadi satu maka persaingan bisnis dalam usaha pun dapat diminimalkan.

sumber :
www.library.upnvj.ac.id/pdf/2s1hi/203612002/bab1.pdf 
http://yemimaidea-41207373.blogspot.com/2009/10/tugas-sistem-informasi-manajemen.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar