Rabu, 16 Maret 2011

EVALUASI PELUANG USAHA BARU              
Penetapan Kelayakan Usaha Baru        
Banyak dana telah dikeluarkan didalam memulai usaha baru dan juga yang mengalami kebangkrutan
dalam satu atau dua tahun. Salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan usaha baru adalah kendali wirausahawan
Alasan utama kegagalan usaha baru adalah :
  1. Pengetahuan pasar yang tidak memadai
  2. Kinerja produk yang salah
  3. Usaha pemasaran dan penjualan yang tidak  efektif
  4. Tidak disadarinya tekanan persaingan
  5. Keusangan produk yang terlalu cepat
  6. Waktu memulai usaha baru yang tidak tepat
  7. Kapitalisasi yang tidak memadai, pengeluaran operasi yang tidak diprediksi, investasi yang berlebih-lebihan pada asset tetap, dan kesulitan keuangan yang berkaitan
Analisa Kelayakan Teknis
Dua langkah penting didalam proses analisa kelayakan teknis:
  1. Identifikasi spesifikasi teknis penting
  2. Uji coba produk atau jasa untuk menemukan apakah ia memenuhi spesifikasi kinerja
Identifikasi spesifikasi teknis penting
Persyaratan teknis yang paling penting adalah : 
-   Disain fungsional dari produk dan daya tarik penampilannya  
-   Fleksibilitas, memungkinkan adanya modifikasi ciri luar dari produk untuk memenuhi permintaan konsumen atau perubahan teknologi dan persaingan
Daya tahan bahan baku produk

Bisa diandalkan

Keamanan produk

Daya guna yang bisa diterima

Kemudahan dan biaya pemeliharaan yang rendah

Standarisasi melalui dihilangkannya suku cadang yang tidak perlu

Kemudahan untuk diproduksi, dan diproses

Kemudahan untuk ditangani


Pengembangan dan Uji Coba Produk
Pengembangan dan uji coba produk termasuk juga studi rekayasa, uji laboratorium, evaluasi bahan
baku alternatif, dan fabrikasi model dan prototip untuk uji lapangan. Untuk setiap tahap pengujian hasil negatif dan positif harus ditimbang dan dilakukan penyesuaian yang perlu.
Penilaian Peluang-Peluang Pasar
Tujuan dari pemasaran adalah memenuhi permintaan pelanggan.
Riset Pasar adalah pengumpulan, pencatatan dan analisis secara sistematis, atas informasi yang berkaitan dengan pemasaran dan jasa.Riset pasar dapat membantu :
  1. Menemukan pasar yang menguntungkan
  2. Memilih produk yang dapat dijual
  3. Menentukan perubahan dalam perilaku konsumen    
  4. Meningkatkan teknik-teknik pemasaran yang lebih baik
  5. Merencanakan sasaran yang realistik
Tiga aspek utama bagi riset pasar adalah :
  1. Penelitian potensi pasar dan identifikasi pelanggan (pemakai) potensial
  2. Analisa seberapa besar perusahaan baru tersebut bisa memanfaatkan potensi pasar
  3. Penentuan peluang nyata pasar   resiko-resiko melalui uji coba pasar
Analisa Potensi Pasar
Penelitian mengenai potensi pasar bagi usaha baru mungkin melibatkan penilaian subyektif dan pribadi; tidak selalu ilmiah
Identifikasi Pasar Potensial                                       
Pasar potensi adalah ungkapan mengenai peluang penjualan maksimum untuk produk atau jasa tertentu selama periode waktu yang ditentukan (misal: 1 tahun)
Langkah-langkah untuk mengidentifikasi dan mengestimasi potensi pasar adalah sbb :
  1. Identifikasi pemakai akhir tertentu dari produk atau jasa
  2. Identifikasi segmen pasar pokok, yaitu,   kategori pelanggan yang relatif homogen
  1. Menemukan atau memperkirakan volume     pembelian potensial dalam tiap-tiap segmen pasar dan volume total dari semua segmen
Jawaban bagi pertanyaan berikut ini akan memudahkan perusahaan untuk mengidentifikasi
pemakai potensial :
—       Siapa yang merupakan pembeli potensial dari produk?
—       Dimanakah pemakai potensial bertempat?
—       Mengapa pelanggan potensial ingin membeli produk ini? Apa kebiasaan membeli mereka?
Seberapa sering mereka membeli produk ini? Berapa jumlah rata-rata tiap pesanan?
—       Berapa jumlah total permintaan produk ini? Berapa jumlah rata-rata tiap pesanan?
—       Berapa jumlah total permintaan produk ini setiap bulannya atau setiap tahunnya?
—       Bagaimana siklus permintaan?
—       Bagaimana potensi pertumbuhan dari pasar ini?




Analisa Kelayakan Finansial
Adalah landasan untuk menentukan sumber daya finansial yang diperlukan untuk tingkat kegiatan tertentu dan laba yang bisa diharapkan
Langkah-langkah dalam analisa kelayakan finansial :
•        Analisa semua kewajiban finansial dan kebutuhan pengeluaran secara mendetail  
•        Proyeksi sumber daya finansial yang tersedia dan dana-dana yang akan dihasilkan dalam operasi perusahaan

•        Penting untuk menentukan secara sistematis aliran masuk, aliran keluar operasional yang diantisipasi dan aliran kas netto untuk periode waktu tertentu

•        Apakah ia akan menghasilkan pengembalian pada modal yang diinvestasikan yang memuaskan



Penilaian Kemampuan Organisasional
Setiap bisnis usaha membutuhkan orang-orang dengan berbagai jenis keterampilan dan bakatuntuk bekerja sama mencapai tujuan organisasional.
Dalam penilaian ini dilakukan :

•        Penentuan kebutuhan personalia dan perancangan struktur organisasi awal

•        Perbandingan kebutuhan dan ketersediaan personalia


Analisa Persaingan Setiap bisnis usaha umumnya cenderung menghadapi dua jenis tekanan persaingan :
  1. Persaingan langsung dari produk atau jasa yang identik dengan produk perusahaan itu pada pasar yang sama
  2. Tekanan tidak langsung dari barang subtitusi
     
Pendekatan pragmatis untuk menganalisa tekanan persaingan dipusatkan pada tiga tugas :
-= Identifikasipesaing besar potensial
= Identifikasi berbagai strategi dan taktik yang digunakan pesaing dan dampak potensialnya terhadap operasi ventura yang direncanakan
= Identifikasi keuntungan persaingan tertentu dari ventura yang direncanakan dan pengembangan strategi yang didasarkan pada penekanan pada keuntungan tersebut.

HAK GUNA PATEN
Pengertian hak guna paten :
pengaturan secara formal dalam suatu hubungan / cara bisnis, dimana perusahaan
franchise (pemilik hak guna paten) memberi hak istimewa kepada franchisee
(perusahaan pengguna hak guna paten), untuk menggunakan nama, logo, produk,
prosedur operasi, dsb
Hak guna paten : persetujuan
dimana perusahaan atau distributor tunggal dari produk yang mempunyai merek
dagang memberikan hak eksklusif kepada perusahaan, distributor atau pengecer
independen dengan imbalan pembayaran royalti dan menyesuaikan diri dgn prosedur
operasi standar
Resiko Investasi Dalam Usaha Franchising
Perusahaan franchisee menghadapi resiko yang relatif lebih rendah (lebih terukur)
Perusahaan franchisee dibebani :
  1. Pajak
  2. pembayaran royalti
  3. kurang bebas dalam pengelolaan/pengoperasian 
  1. perusahaan Franchisor (pemilik hak guna paten) mungkin bertindak sebagai penyalur tunggal dari beberapa perlengkapan 
Jenis-jenis hak guna paten (franchice')
  1. Franchise untuk mendistribusikan hasil produksi
  2. Franchise yang menawarkan nama, citra, metode menjalankan usaha, dll
  3. Franchise yang menawarkan jasa seperti agen pribadi, konsultasi pajak dan real estate
Langkah-langkah yang bisa diambil untuk menurunkan atau meminimisasi resiko investasi dalam
franchising adalah :
  1. Melakukan evaluasi diri
  2. Meneliti franchise
Persetujuan Hak Guna Paten
Ada beberapa persetujuan dalam hak guna paten :
  1. franchising : sistem pemasaran yang mencakup 2 pihak, yang terikat dalam perjanjian legal, dimana salah satu pihak di dalam kontrak yang menspesifikasikan metode yang harus diikuti dandipenuhi pihak lain
b. franchising produk dan merek
c. franchising format : franchisee mendapat seluruh sistem pemasaran dan petunjuk dari franchisor
d. master license/sebagai penerima izin utama : (perusahaan / pribadi bertindak sebagai agen penjual untuk menemukan franchisee baru
Pengembangan areal: perusahaan / pribadi mendapat hak resmi untuk membuka beberapa gerai dalam area yang ditentukan
PemasaranLangsung
Pengertian pemasaran langsung :
merupakan proses penyampaian pesan maupun produk kepada pelanggan, melalui berbagi media
Pemasaran langsung : aktifitas total dengan mana penjual mempengaruhi transfer barang dan jasa pada pembeli, mengarahkan usahanya pada pemerhati dengan menggunakan satu media atau lebihuntuk tujuan mengumpulkan tanggapan melalui telepon, pos atau kunjungan dari calon pelanggan
Teknik dalam pemasaran langsung :
a. kiriman poslangsung
b. telemarketing
c. penjualan door to door
Teknik alternatif pemasaran langsung :
  1. Periklanan terklasifikasi
  2. Periklanan display
  3. Kiriman pos langsung
  4. Katalog penjualan
  5. Pemasaran tanggapan langsung media
Bentuk-Bentuk Kepemilikan
Bentuk kepemilikan perusahaan :
a. Pemilikan tunggal / perseorangan : (firma) Dimiliki dan dijalankanoleh 1 orang Pemilik tidak perlu
membagi laba
b. Kongsi Ada perjanjian tertentu Dimiliki 2 orang atau lebih 1  Umur perusahaan terbat Pemilikan bersama atara harta   Ikut serta dalam manajemen dan pembagian laba  
c. Perusahaan Perseroaan Perusahaan dengan badan hukum  Kewajiban pemilik saham terbatas pada jumlah saham yang  dimiliki   Pemilikan dapat berpindah tangan Eksitensi relatif lebih
stabil/permanen
Go Publik
Go publik terjadin ketika perusahaan menawarkan dan menjual sebagian sahamnya kepada masyarakat
melalui pendaftaran Bapepam
Keuntungan : 
- diperoleh modal baru
-  masyarakat lebih mengenal perusahaan
Kerugian : 
-- ada kecenderungan terbukanya rahasia perusahaan
-  mahalnya biaya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar