Senin, 12 Maret 2012

ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN KAS

Laporan Perubahan Kas (cash flow statement) atau Laporan Sumber dan Penggunaan Kas disusun untuk menunjukkan perubahan kas selama satu periode dan memberikan alasan mengenai perubahan kas tersebut dengan menunjukkan dari mana sumber-sumber kas dan penggunaannya. Laporan sumber dan penggunaan kas ini menunjukkan aliran kas (cash flow) yaitu sumber-sumber peneriman dan penggunaan kas dalam periode yang bersangkutan. Laporan ini berbeda dengan Laporan Laba Rugi, khususnya yang dalam penyusunannya Menggunakan dasar waktu atau accrual basis, karena laporan perubahan kas merupakan suatu ringkasan transaksi keuangan yang berhubungan dengan kas tanpa memperhatikan hubungannya dengan penghasilan yang diperoleh maupun biaya-biaya yang terjadi. Tujuan utama analisis laporan kas untuk menaksir kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas. 
Tujuan Cash Flow Statement:

1.    Menunjukkan perubahan kas selama satu periode.
2.    Mengidentifikasi sumber-sumber Kas selama satu periode.
3.    Mengidentifikasi penggunaan selama satu periode.

Sumber Penerimaan Kas
Kas merupakan aktiva yang paling likuid atau merupakan salah satu unsur modal kerja yang paling tinggi likwiditasnya.
Oleh karena itu kas harus direncanakan dan diawasi dengan baik. Baik penerimaan maupun penggunaannya.
 Sumber penerimaan kas suatu perusahaan :
1.     Hasil penjualan investasi jangka panjang
2.     Penjualan, emisis saham atau adanya tambahan modal dari pemilik dalam bentuk kas.
3.     Pengeluaran surat tanda bukti hutang (wesel, obligasi)
4.     Bertambahanya Hutang (kewajiban ) baik jangka pendek maupun panjang.
5.      Adanya penurunan atau berkurangnya aktiva lancar selain kas yang diimbangi dengan adanya penerimaan kas.
6.      Adanya penerimaan kas karena sewa , bunga atau devuden dari investasinya, sumbangan, hadiah dan restitusi pajak
Penggunaan kas
1.     Pembelian saham atau obligasi sebagai investasi jangka pendek maupun jangka panjang.
2.     Penarikan kembali saham yang beredar maupun pengambilan (prive)  oleh pemilik.
3.     Pelunasan atau pembayaran angsuran hutang
4.     Pembelian barang dagangan secara tunai.
5.     Pembayaran biaya operasi perusahaan.
6.     Pengeluaran kas untuk pembayaran deviden, pajak, denda dsb.

Manfaat Laporan Sumber dan Penggunaan Kas

Laporan sumber dan penggunaan kas ini sangat penting,karena dapat dipergunakan sebagai dasar dalam merencanakan kebutuhan kas di masa mendatang dan kemungkinan sumber-sumber yang ada, atau dapat digunakan sebagai dasar perencanaan dan peramalan kebutuhan kas atau cash flow di masa yang akan datang. Sedangkan bagi para kreditor atau bank dengan laporan cash flow ini akan dapat menilai kemampuan perusahaan dalam membayar bunga atau mengembalikan pinjamannya.
     Selain itu kas sangat berperan dalam menentukan kelancaran kegiatan  perusahaan. Karena kas merupakan salah satu unsur modal yang paling tinggi likuiditasnya, sehingga semakin besar jumlah kas yang dimiliki oleh perusahaan akan semakin tinggi pula tingkat likuiditasnya.Oleh karena itu, kas harus direncanakan dan diawasi dengan baik, baik penerimaannya maupun penggunaannya. 
Transaksi yang tidak mempengaruhi kas
1.     Adanya pengakuan atau pembebanan depresiasi, amortisasi, dan deplesi terhadap aktiva tetap, intangible asset dan dan wasting asset. Biaya depresiasi ini merupakan biaya yang tidak memerlukan pengeluaran kas.
2.     Pengakuan adanya kerugian piutang baik dengan membentuk cadangan kerugian piutang maupun tidak dan penghapusan piutang karena piutang yang bersangkutan tidak dapat ditagih.
3.     Adanya penghapusan atau pengurangan nilai buku dari aktiva yang dimiliki  karena aktiva ybs telah habis disusutkan atau sudah tidak dapat dipakai lagi.
4. Adanya pembayaran stock deviden, adanya penyisihan atau pembatasan pengguanaan laba dan adanya penilaian kembali (revaluasi) terhadap aktiva tetap yang dimiliki oleh perusahaan.
Terhadap trasnsaksi-transaksi  yang tidak mempengaruhi kas tersebut harus dilakukan jurnal penyesuaian (adjustment dan reversal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar