Senin, 12 Maret 2012

Flowchart Kas Pada Perusahaan Manufaktur

Perusahaan pengolahan / manufaktur: perusahaan yang mengolah bahan mentah (bahan baku) menjadi barang jadi.
  
  Klasifikasi persediaan pada perusahaan pengolahan :
-    Persediaan Bahan Baku
Persediaan Barang Dalam Proses
Persediaan Barang Jadi

Siklus produksi berkaitan dengan proses pengubahan bahan baku menjadi produk jadi. Aktivitas produksi bermula dengan permintaan bahan baku dan bahan-bahan lainnya untuk diproses dalam pabrik dan diakhiri dengan penyerahan produk ke gudang. Dalam siklus ini terjadi interaksi antara jasa-jasa tenaga kerja, peralatan produksi, bahan baku dan pembantu yang akan diolah menjadi produk baru yang mempunyai nilai guna lebih tinggi.
Tiga Sistem Akuntansi Perusahaan Manufaktur/ Pabrik
  
Tiga sistem yang populer untuk membukukan dan melaporkan persediaan dan proses pembuatan adalah:

1. Sistem periodik.

2. Sistem job order cost (biaya pesanan), yang menggunakan metode perpetual.
3. Sistem process cost (biaya proses), yang juga menggunakan metode perpetual.

Pada bagian ini selanjutnya akan menguraikan sistem job order dan sistem biaya proses. Unit ini menguraikan metode periodik untuk melaporkan operasi pabrik.


Dalam sistem periodik, harga perolehan pesediaan ditentukan oleh suatu daftar terinci barang persediaan yang masih ada pada saat penutupan periode akuntansi. Kalau suatu persediaan hanya dapat ditentukan dengan melakukan perhitungan secara fisik dalam suatu jangka waktu tertentu, sistem tersebut dikenal sebagai sistem periodik. Dalam metode periodik untuk melaporkan pesediaan, pada akhir setiap peiode operasi perhitungan persediaan secara fisik harus dilakukan atas bahan baku, barang dalam proses pengerjaan, dan barang jadi. Kemudian, juga pada akhir masa pembukuan, perhitungan juga dilakukan untuk harga barang yang dibuat, dan kemudian untuk harga pokok barang yang dijual. Biaya yang belakangan, seperti saudara ketahui, adalah data yang diperlukan untuk pembuatan ikhtisar Laba Rugi. 

 flowchart pada perusahaan manufaktur





Tidak ada komentar:

Posting Komentar